Tumpeng Menoreh, Restoran Bentuk Tumpeng di Menoreh

Tumpeng Menoreh, Restoran Bentuk Tumpeng di Menoreh

Tumpeng Menoreh – Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak sekali Kota Kabupaten. Salah satunya adalah Kabupaten Kulon Progo, yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman, Bantul, Purworejo, dan juga Magelang. Namun keistimewaan Kabupaten Kulon Progo ini, banyak sekali memiliki destinasi wisata unik, yang sayang untuk dilewatkan.  Salah satunya adalah Tumpeng Menoreh Kulon Progo, yang merupakan objek wisata baru di daerah Gelang Projo. Apa sajakah sisi ciri khas dan daya tarik dari Tumpeng Menoreh Kulon Progo ini?. Yuk kita lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tumpeng Menoreh ini merupakan salah satu tempat wisata dan juga restoran yang masih cukup baru di daerah Kulon Progo dan sedang viral diberbagai media sosial. Tempat wisata yang menarik ini baru di buka pada Mei 2021 lalu dan langsung mendapatkan antusias dari para wisatawan.

Dibangun oleh musisi Erix Soekamti, tempat ini dinamakan Tumpeng Menoreh karena adanya perpaduan bukit yang membutuk seperti tumpeng dan manoreh sebagai lokasinya. Tempat ini di bangun dengan melibatkan masyarakat dan pemuda setempat. Komunitas pemuda ini dinamakan GelangProjo dikarenakan lokasi wisata ini yang berada di perbatasan wilayah Magelang dan Kulon Progo. Oleh karena itu banyak yang menyebut tempat ini dengan nama Tumpeng Menoreh GelangProjo.

Tempat wisata yang viral ini memiliki banyak daya tarik, namun yang paling banyak membuat para wisatawan berkunjung yaitu dikarenakan panorama pemandangannya yang begitu indah. Lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut ini membuat udara di lokasi begitu dingin sejuk dan sangatlah asri.

Sesaat akan menuju ke lokasinya, Anda akan berjalan kaki di atas jembatan kayu yang mana bila hari menjelang malam akan di sinari oleh lampu LED di bagian pinggir dan membuat jembatan terlihat menarik. Jembatan ini berada di samping tebing dan langsung dapat melihat pemandangan yang indah. Sesampainya di lokasi anda akan menemui tempat yang begitu menarik, bila anda ingin di outdoor anda akan melihat bangunan bernuansa putih bertingkat yang memiliki bentuk bundar sehingga dapat leluasa melihat pemandangan.

Anda juga dapat menuju ke restonya yang bangunannya terbuat dari kayu berwaran dominan coklat. Tempat ini menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman yang dapat anda nikmati sembari bersantai. di lokasi ini juga terdapat berbagai spot foto menarik, seperti jaring-jaring yang dapat anda gunakan untuk berbaring dan tentu saja sambil menguji adrenalin. Hamparan stage di bagian atas yang dapat menikmati pemandangan 360 drajat tanpa terhalangi apapun.

Tempat ini juga sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati suasana sunset dan juga sunrise. Serta pada malam hari anda dapat melihat gemerlap lampu perumahan yang begitu indah dan juga gemerlap lokasi tumpeng menoreh yang begirtu terang.

Fasilitas 

Dilokasi wisata tersebut telah disediakan berbagai fasilitas umum demi memberikan kenyamanan para wisatwan yang berkunjung. Berikut kami berikan beberapa fasilitas yang dapat anda temui di Tumpeng Menoreh Jogja :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet Umum
  • Spot Foto
  • Gazebo
  • Resto

Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki dan menikmati tempat wisata ini, pengunjung di wajibkan untuk membeli tiket masuk. Tiket tersebut telah termasuk voucher makan dan minum di lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk : Rp 50.000 per orang + voucher makan dan minum

Parkir Kendaraan Motor : Rp 2.000

Parkir Kendaraan Mobil : Rp 5.000

Lokasi dan Jam Buka Tumpeng Menoreh Jogja

lokasi tumpeng menoreh

@erixsoekamti

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, anda hanya perlu mendatangi Tumpeng Menoreh yang berlokasi di Sumbersari, Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk aksesnya cukup mudah, karena lokasinya tak jauh dari pusat kota Jogja maupun Magelang. Namun di sarankan untuk melalui jogja karena rute dari magelang jalannya masih sedikit ekstream. Tempat wisata ini berjarak sekitar 35,9 Km dari pusat kota jogja dan dapat di tempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 16 menit

Berikut kami berikan peta lokasi wisata Tumpeng Menoreh yang dapat anda buka melalui link di bawah ini. Guna menentukan rute perjalanan dari lokasi anda menuju ke lokasi wisata tumpeng menoreh yang ada di Kulon Progo.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini, anda tidak perlu khawatir karena Tumpeng Menoreh ini buka 24 jam sehingga bila anda ingin melihat sunset atau sunrise anda tinggal mendatangi lokasi wisata ini saja.

2021-06-09T16:22:27+00:00
Chat via Whatsapp