EO Outbound Dieng Wonosobo

EO Outbound Dieng Wonosobo

 

EO Outbound Dieng Wonosobo – Dejogja Adventure sebagai EO Outbound Dieng Wonosobo menawarkan Paket :

  1. Outbound Teambuilding
  2. Paint Ball
  3. Motivation Training
  4. Wisata Dieng
  5. Paket Meeting

Outbound Dieng

TEMPAT WISATA DIENG

 Sebagai salah satu objek wisata andalan, keindahan Telaga Warna memang sejak lama dikagumi para wisatawan. Telaga yang tidak begitu besar ini punya warna yang cantik.

Terdapat jembatan kecil dari kayu yang bisa jadi spot foto kece di pinggir telaga. Sempatkan berfoto sejenak, dijamin hasilnya akan sangat indah. Terdapat pula beberapa gua di dekat telaga yang punya sejarah bagi masyarakat sekitar.

Wisata Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu kawasan wisata yang diandalkan pemerintah Jawa Tengah. Gak heran karena banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi sekaligus di sana.

Berikut rekomendasi IDN Times tentang beberapa destinasi atau tempat wisata di Dieng yang memesona. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

1. Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Dieng hingga mencapai 21 hektare. Di sekitar telaga terdapat lahan berundak tempat pertanian kentang yang menambah keindahannya.

Telaga ini berada di antara dua buah bukit terjal, yakni Pangonan dan Sumurup. Kawasan wisata ini cukup sepi, sehingga cocok buat kamu yang pengin melipir dari hiruk pikuk kota.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-16.00 WIB

Harga: Rp5.000

2. Candi Arjuna

Berada dekat dengan Kawah Sikidang, kurang lengkap rasanya kalau gak mampir ke Candi Arjuna. Sejarahnya, candi ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa.

Di kawasan Candi Arjuna, terdapat lima candi lainnya yang saling berjajar lurus. Lokasinya berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, sehingga suasana dan pemandangannya begitu menyenangkan.

 

3. Pendakian Gunung Prau

Gunung yang bentuknya mirip perahu ini berada di ketinggian 2.565 mdpl. Dari puncak Gunung Prau, kamu bisa melihat awan-awan putih bak kapas.

Waktu yang paling tepat berkunjung ke Gunung Prau adalah ketika matahari terbit dan terbenam. Pantulan meganya bakal membuatmu terpesona. Adapun waktu mendaki yang paling pas adalah saat musim kemarau, karena jalur tidak licin.

 

4. Kawah Sikidang

Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Dieng, tapi tak menyempatkan untuk mampir ke Kawah Sikidang. Letak kawah indah ini tak jauh dari Bukit Sikunir. Akses menuju kawah ini sebenarnya lebih cepat melalui jalanan dari Wonosobo.

Bawalah masker untuk terhindar dari bau belerang yang menyengat kalau kamu gak tahan dengan baunya. Selain menikmati keindahan kawah, kamu juga bisa melihat berbagai kerajinan tradisional khas Dieng buatan warga setempat.

 5. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin berupa sebuah tebing di ketinggian yang letaknya sangat berdekatan dengan Telaga Warna, bahkan kamu bisa melihatnya dari tempat ini, termasuk Telaga Pengilon juga akan terlihat dari sini.

Menuju ke destinasi ini bukanlah hal yang susah. Akses masuknya berada dekat dengan wisata Dieng lainnya, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna. Jika ditempuh dari Kota Wonosobo, perjalanan akan memakan waktu hingga satu jam dengan jarak tempuh 27 kilometer.

 

6. Telaga Warna

Sebagai salah satu objek wisata andalan, keindahan Telaga Warna memang sejak lama dikagumi para wisatawan. Telaga yang tidak begitu besar ini punya warna yang cantik.

Terdapat jembatan kecil dari kayu yang bisa jadi spot foto kece di pinggir telaga. Sempatkan berfoto sejenak, dijamin hasilnya akan sangat indah. Terdapat pula beberapa gua di dekat telaga yang punya sejarah bagi masyarakat sekitar.

 7.Candi Gatotkaca

 Candi Gatotkaca berada di Kawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, dan telah masuk dalam Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah. Sejarahnya, nama candi megah ini diambil dari tokoh cerita rakyat Mahabarata.

Candi Gatotkaca sendiri dibangun pada masa pemerintahan Ratu Sima, tapi baru ditemukan pada tahun 1814. Bangunan tua penuh sejarah ini bisa menjadi sarana untuk menambah wawasan.

Tak jauh dari sini, terdapat Museum Kailasa yang memuat banyak informasi mengenai sejarah dari Dataran Tinggi Dieng. Di Candi Gatotkaca, kamu bisa menemukan artefak-artefak tua, tapi tetap memukau.

 

8.Bukit Sikunir

 Tempat memburu golden sunrise di Dieng yang paling memesona berada di Bukit Sikunir. Keindahan warna kemerahan di kala pagi akan membuatmu takjub, sehingga disarankan berada di puncak bukit sebelum subuh atau sebelum jam 5 pagi.

 

9.Telaga Pengilon

 Dieng memang punya banyak telaga. Salah satu yang mampu menarik perhatian pengunjung adalah Telaga Pengilon.

Telaga ini kerap dikaitkan dengan mitos dan legenda oleh masyarakat sekitar, tapi tetap saja keindahannya tak bisa terbantahkan. Telaga ini sering dikatakan kembaran Telaga Warna, tapi yang membedakan adalah kejernihan airnya.

Di Telaga Pengilon, warna air sangat jernih dan bisa ditinggali oleh ikan-ikan. Melalui telaga ini pula, masyarakat memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah.

 

4.Gardu Pandang Tieng

Satu lagi tempat yang cocok didatangi ketika matahari terbit, yakni Gardu Pandang Tieng. Lokasi ini sangat padat pengunjung. Para wisatawan biasanya berbondong-bondong memburu keindahan sunrise.

Di sebelah selatan, kamu bisa melihat kemegahan Gunung Sindoro beserta dengan Desa Tieng. Waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit dari Wonosobo. Pemandangan alam dari sini membuat siapa pun yang datang jadi enggan pulang.

Itulah beberapa tempat wisata dataran tinggi Dieng yang paling menarik dan layak dikunjungi. Mana dulu yang pengin kamu datangi?

Dejogjaadventure

 

CP : 081294274691

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat via Whatsapp