Tips Wisata Kuliner Malioboro, Agar Tidak Ditipu Pedagang Nakal

Tips Wisata Kuliner Malioboro, Agar Tidak Ditipu Pedagang Nakal

Tips Wisata Kuliner Malioboro – Belakangan ini warganet dihebohkan dengan adanya seorang wisatawan yang mengeluhkan harga pecel lele di Jalan Malioboro Yogyakarta yang katanya lebih mahal dari biasanya. Kasus pedagang nuthuk wisatawan memang sering terjadi. Ada yang mendukung protes sang wisatawan, namun ada juga yang menganggap harga makanan di tempat wisata lebih mahal sebagai sesuatu yang wajar. Nah, kalau kamu nggak punya uang, ada lo tips wisata kuliner murah di tempat wisata.

tips wisata kuliner malioboro

@photoart.old

Berkunjung ke suatu tempat tentu nggak akan lengkap rasanya kalau nggak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Sebagai contoh, kalau ke Jogja, tentu pengin makan gudeg. Kalau ke Banyumas, tentu pengin mencicipi nopiah atau mendoan.

Nah, biar kamu tetap bisa mencicipi makanan-makanan tersebut tanpa perlu khawatir menghabiskan uang terlalu banyak, bisa lo menerapkan tips – tips Wisata Kuliner di Malioboro ini.

1. Maksimalkan Internet, Jangan Cuma Buat Sosmed Doang

Sebelum datang ke suatu tempat atau memutuskan untuk makan apa di tempat kamu berkunjung, cek deh rekomendasi dari warganet sebelumnya. Sebagai contoh, ada lo Google Local Guide yang bisa kamu gunakan untuk mengecek reputasi atau tips-tips dari tempat makan di suatu wilayah.

Bisa jadi, dalam penilaian ini, lengkap dengan keterangan rasa, pelayanan, menu favorit, atau bahkan kisaran harganya. Intinya, kamu bisa benar-benar memastikan pilihan tempat makan ini paling cocok denganmu.

2. Perhatikan Kembali Seberapa Banyak Uang yang Kamu Punya

Meski kamu sedang berwisata, bukan berarti boleh jor-joran mengeluarkan uang hanya demi makan. Kalau bisa lebih irit, tentu kamu bisa mencicipi lebih banyak makanan, bukan?

Hal ini berarti, kamu harus menentukan seberapa banyak bujet yang kamu siapkan untuk sekali makan. Sebagai contoh, kamu bisa membatasi sekali makan Rp 30 ribu per porsinya. Jadi, kamu pun bisa mencari rekomendasi di internet tentang tempat makan yang harganya sesuai.

3. Pilih yang Ramai

Kalau kamu nggak sempat mencari rekomendasi dari internet, bisa kok memakai trik ini. Yap, terkadang, tempat makan yang terlihat ramai dan penuh sesak bisa menawarkan banyak hal menarik. Contohnya, karena ramai dan dikunjungi banyak orang, bisa dipastikan rasa makanannya enak.

Hanya, kamu harus cermat mencari tahu siapa saja yang datang ke tempat tersebut. Kalau kebanyakan yang datang adalah warga lokal, bukannya wisatawan, bisa jadi memang tempat makan tersebut memiliki harga makanan yang terjangkau.

4. Jangan Ragu Tanya Dulu

Kalau nggak ada daftar harga di menu makanan, bisa kok tanya dulu ke penjualnya. Nggak usah malu-malu deh. Bakal lebih malu kalau uang kita ternyata nggak cukup buat bayar, bukan?

5. Bawa Minuman Sendiri

Meski terlihat sepele, membawa botol minum sendiri bisa membuatmu jadi lebih hemat, lo. Bahkan, bisa jadi uang yang sebelumnya dialokasikan untuk membeli minuman bisa kamu pakai untuk mencicipi penganan lain, deh.

Nah, daripada terus-terusan heboh soal pecel lele Malioboro, kita gunakan trik ini saja agar tetap bisa wisata kuliner dengan murah.

2021-06-02T10:30:04+00:00
Chat via Whatsapp