Kebun Buah Mangunan: Negeri di Atas Awan

kebun-buah-mangunan1

Halo Sahabat De Jogja! Salam Adventure! Buat yang berada di Jogja dan ingin menikmati suasana dingin, sejuk dan indah maka Bantul adalah salah satu Kabupaten yang memiliki perbukitan hits banget. Nama tempat wisatanya adalah Kebun Buah Mangunan. Wisata kebun buah ini mendapat sebutan Negeri di atas awan. Kenapa kog bisa begitu? Ya, karena apabila kita kesana di waktu pagi, kawasan ini diselimuti dengan awan putih pekat dan kita akan merasakan sensasi berada di atas kayangan. Mantap kan?

Wisata Kebun Buah Mangunan ini lagi hits banget dan menjadi daya tarik yang luar biasa. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjunginya, tetapi wisatawan dari berbagai daerah dan wisatawan asing pun tak ketinggalan terpikat untuk merasakan sensasi berada di atas awan.

Untuk dapat menikmati sunrise di puncak mangunan pengunjung harus berada di puncak ini pagi-pagi buta sebelum matahari muncul. Jadi memang perlu mempesiapkan niat dan stamina maksimal terlebih dahulu sebelum menikmati sunrise kebun buah mangunan.

Destinasi wisata yang memakan waktu 1 jam perjalanan dari kota Yogyakarta in memang banyak tantangannya. mulai dari jalan yang menanjak, jalan yang berkelok hingga udara pagi yang sangat dingin. Tetapi semua akan terbayar lunas ketika pengunjung telah sampai di taman buah mangunan ini

Sebuah Sunrise dengan latar belakang perbukitan Kabuapten Gunung Kidul yang seakan-akan tak terbatas. Lalu di bawah tebing sebuah sungai yang yang meliuk-liuk akan menambah keindahan tersendiri.  Apalagi kabut di puncak taman buah mangun ini menutupi sungai tersebut. Sebuah fenomena alam ayng sangat langka.

Tips Berkunjung

1. Siapkan Kamera.

Penting untuk diketahui. Tujuan utamamu berkunjung ke Kebun Buah Mangunan adalah untuk menyaksikan keindahan Gunung Sewu yang sudah ditetapkan sebagai Global Geopark tahun 2015 lalu. Gunung Sewu sendiri merupakan rangkaian pegunungan kapur yang membentang dari Pacitan di Jawa Timur, melewati Wonogiri di Jawa Tengah, lalu berlanjut ke Gunungkidul di DI Yogyakarta.

Di Jogja, khususnya di kawasan Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, telah banyak dikembangkan tempat-tempat keren yang memungkinkan kita untuk menikmati keindahan Gunung Sewu. Salah satu yang paling keren adalah Kebun Buah Mangunan ini. Rugi rasanya kalau ke Mangunan tapi tidak membawa kamera.

2. Perhatikan waktu kunjungan

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan adalah saat pagi-pagi buta atau sore. Saat pagi, kita bisa melihat pemandangan matahari yang terbit di antara bukit-bukit hijau di Gunung Sewu. Sedangkan saat sore menjelang senja kita bisa melihat matahari yang kembali ke peraduan. Namun tentu saja, kita bisa berkunjung kapan saja kalau hanya ingin menikmati pemandangan Gunung Sewu.

Penting juga untuk dicatat. Di musim penghujan seperti sekarang kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan pemandangan Sungai Oya dalam kondisi terbaik karna airnya biasanya akan berwarna coklat, alih-alih toska.

3. Lebih Baik Jalan Kaki

Pengunjung boleh membawa kendaraannya sampai ke puncak. Namun disarankan untuk memarkir kendaraan di dekat loket untuk berjalan kaki menuju gardu pandang yang berada di puncak. Rasanya lebih seru. Selain itu,  juga bisa melihat dan melakukan lebih banyak hal. Termasuk mengintip aktivitas rusa di sebuah penangkaran mini di depat loket. Juga melihat penyu yang berenang di kolam yang akan kita lewati setiap kali berkunjung ke gardu pandang Kebun Buah Mangunan. Lagipula, pihak pengelola juga sudah menyediakan trek bagi pengunjung. Sayang kalau tidak dimanfaatkan.

4. Jangan Luoa Mampir ke Tempat Wisata Terdekat

Kebun Buah Mangunan sangat berpotensi untuk menjadi salah satu tempat wisata unggulan di propinsi DI Yogyakarta. Alasannya karna di sekitar sana ada banyak tempat lain yang bisa dikunjungi. Termasuk Hutan Pinus Mangunan yang belakangan juga semakin populer saja. Selain itu, lokasi tempat ini juga tak terlalu jauh dari Makam Imogiri. Dari pusat kota Jogja jaraknya pun tak terlalu jauh, hanya sekitar 1 jam mengendarai kendaraa bermotor.

Nah, selagi di Kebun Buah Mangunan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat lain di sekitarnya seperti Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Pengger, Puncak Becici, Bukit Panguk, Bukit Mojo, Tebing Watu Mabur dll.

 5. Usahakan Datang Bersama Teman

Kebanyakan yang datang ke Kebun Buah Mangunan adalah para pasangan yang sedang dimabuk cinta. Bahkan ada kemungkinan bahwa kamu akan bertemu dengan pasangan muda yang sedang melakukan prosesi foto pre-wedding. So, kalau tidak mau mupeng, ya jangan datang sendirian. Kecuali kalau kamu punya mental baja.

kebun-buah-mangunan-2 kebun-buah-mangunan-3 kebun-buah-mangunan-4 kebun-buah-mangunan-4Bagaimana Sahabat De Jogja? Tertarik untuk menikmati sensasi berada di negeri di atas awan? Tertarik untuk berburu sunrise yang luar biasa bikin kangen?

Langsung saja hubungi kita saja, karena kita akan sediakan paket-paket menarik. Tenang saja, karena kita akan membantu Sahabat semua untuk merealisasikan ekspektasi Sahabat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp