Tebing Breksi Yogyakarta, Spot Eksotis Nan Indah !

Tebing Breksi Yogyakarta, Spot Eksotis Nan Indah !

Tebing Breksi Yogyakarta, Spot Eksotis Nan Indah !

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa!Tebing Breksi merupakan salah satu spot petualangan yang menantang di Yogyakarta. Berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, setiap akhir pekan, spot ini selalu terlihat ramai oleh para petualang dari berbagai daerah.

Spot petualangan ini sudah dibuka dari pukul 5 pagi, dan tutup sampai jam 6 sore. Hal tersebut dikarenakan oleh fakta di mana Tebing Breksi merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat dan menikmati momen matahari terbit dan terbenam.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak petualang, baik mereka yang datang dari dalam negeri sendiri atau mancanegara, berbondong-bondong membawa kamera untuk menangkap serta merekam momen matahari terbit, khususnya.

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa!

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa! credit: beritagar.id

Tebing Breksi ini kalau dilihat-lihat, mirip dengan beberapa spot petualangan lain yang sudah terlebih dahulu populer. Sebut saja seperti Bastei Rocks di Jerman, Grand Canyon di Amerika dan beberapa spot petualangan lainnya.

Bahkan, saking unik dan keindahan alamnya yang luar biasa, beberapa tahun yang lalu, mantan Presiden Amerika, Barrack Obama hampir saja mengunjungi Tebing Breksi untuk kali pertama. Namun, dilangsir dari beberapa sumber media, kedatangan tersebut batal.

Sejarah Tebing Breksi: Terbentuknya

Tebing Terjal yang Fotogenik

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa!

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa! credit: garasijogja.com

Dari sejulah penelitian yang dilakukan oleh banyak pihak terkait, Tebing Breksi terdiri dari batuan kapur, yang mempunyai tinggi 30 meter. Batuan kapur ini disinyalir terbentuk dari letusan atau erupsi Gunung Api Nglanggaran dan Gunung Kidul.

Nah, setelah alam berkata demikian, membentuk batuan tersebut menjadi tebing-tebing terjal, Tebing Breksi mempunyai fakta menarik lainnya. Tebing Breksi sejatinya adalah area pertambangan yang sudah ditinggalkan oleh pengelolanya.

Karena sudah ditinggalkan oleh pihak pengelola, lalu dari waktu itu sampai sekarang ini, pengelolaannya sudah diurusi oleh masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar dengan cerdas membuat bekas tambang tersebut menjadi salah satu spot petualangan yang ciamik.

Patut diancungi jempol untuk masyarakat setempat karena sudah mampu merubah Tebing Breksi yang sebelumnya area pertambangan yang terbengkalai, sekarang sudah menjadi tempat wisata yang menarik perhatian banyak orang.

Tidak jauh dari Candi Ijo dan Puncak Bucu Piyungan, Tebing Breksi kerap sudah ramai didatangi oleh para petualang dari pagi-pagi hari. Tentu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Tebing Breksi menjadi salah satu spot bagus untuk menangkap momen sunrise.

Ratusan Anak Tangga Memudahkan

Lo Untuk Sampai Puncaknya

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa!

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa! credit: dakatour.com

Apakah harus sekali panjat tebing ini terlebih dahulu untuk mencapai puncaknya? Eits, mungkin kalau lo sudah izin dengan pihak pengelolanya, mungkin lo akan diperbolehkan. Namun, perlu lo ketahui juga kalau spot ini sudah dihiasi oleh anak tangga yang seolah terukir dari batuan kapur tersebut.

Bahkan jika diperhatikan, Tebing Breksi ini mirip kastil-kastil di luar negeri yang dihiasi oleh ratusan anak tangga untuk mencapai puncaknya. Mungkin, jika di sini juga ada menara-menara tinggi, Tebing Breksi tidak akan kalah dengan kastil drakula yang ada di Romania dan Transylvania.

Selain anak tangga yang banyak dan menambah nilai keindahan alam di tempat ini, di dinding-dindingnya pun terdapat hiasan-hiasan yang unik dan menarik. Ternyata, seniman di sana memanfaatkan batuan kapur tersebut untuk dipahat dan menghasilkan karya seni yang luar biasa.

Altar, Tlatar – Apapun Itu, Mirip Sekali

dengan yang Ada di Roma

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa!

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa! credit: bisniswisata.co.id

Tidak jauh dari Tebing Breksi, terdapat sebuah altar atau tlatar yang mirip sekali panggung drama yang ada di Roma. Altar tersebut berbentuk lingkaran dengan diameter 15 meter. Di sekitarnya, terdapat banyak tempat duduk yang siap diisi oleh para penonton jika di altar ada pertunjukan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

yang Ada di Tebing Breksi

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa!

Tebing Breksi Yogyakarta: Spot Eksotis yang Keindahan Alamnya Luar Biasa! credit: travelisto.co.id

Percaya atau tidak, untuk masuk ke area Tebing Breksi, lo hanya dikenakan biaya seikhlasnya saja. Artinya, tidak ada patokan harga yang harus lo keluarkan. Namun, untuk sekarang ini – mungkin saja kebijakan tersebut sudah berubah.

Yang jelas ada nominal uangnya adalah saat lo mesti memarkirkan kendaraan roda dua atau roda empat. Untuk motor, hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2 ribu saja, dan mobil Rp 5 ribu. Bagaimana? Cukup terjangkau kan?

Eits, merasa puas sudah keliling Tebing Breksi dan ingin istirahat serta makan siang? Tenang, Tebing Breksi sekarang ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Sebut saja seperti warung makan, toilet bersih, sampai rumah peribadatan.

Jadi bagaimana nih bro? Apakah Tebing Breksi Yogyakarta akhirnya masuk ke dalam daftar perjalanan lo? Kalau iya, pastikan lo mempunyai waktu luang untuk mendatangi spot petualangan yang eksotis ini ya!

Outbound & Wisata Jogja :

PT. Dejogja Adventur Indonesia : 081294274691

2020-02-10T16:51:35+00:00
Chat via Whatsapp