Taman Sungai Mudal, Mata Air Menawan

Taman Sungai Mudal, Mata Air Menawan

Ekowisata Taman Sungai Mudal, tempat yang cocok bagi anda pencinta wisata air, petualangan, sekaligus mempelajari ilmu alam. Sekitar 95 meter dari lokasi mata air terdapat air terjun. Spot menarik setelahnya adalah jeram-jeram dan lubuk yang ada setelah air terjun Mudal.

Mudal adalah sebuah mata air yang memancar dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun. Sehingga air dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar melalui pipa-pipa.

TAMAN SUNGAI MUDAL (4)

Aliran airnya yang jernih juga meluap membentuk aliran sungai serta melewati air terjun dengan nama serupa, kemudian berlanjut hingga Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut yang letaknya lebih rendah.

Kolam alami berair jernih untuk berendam, berenang atau bermain air yang dibuat dengan membendung sungai menjadi sajian pembuka ketika sampai di Taman Sungai Mudal. Berbagai jenis bunga terutama anggrek, terlihat mulai ditanam di sepanjang bantaran kolam alami.

TAMAN SUNGAI MUDAL (2)

Lokasi Taman Sungai Mudal

Lokasi Taman Sungai Mudal ini sudah termasuk mudah serta cukup aman untuk dijangkau oleh para pengunjung. Jalan untuk menuju ke Sungai Mudal ini sudah bagus dan layak untuk dilewati, tetapi lokasi Taman ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Keindahan Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal ini berupa air terjun dan kolam pemandian yang mata air nya memancar dari kedalaman gua di daerah mudal itu sendiri. Alam yang berada di sekitarnya telah ditata sedemikian rupa untuk menyerupai sebuah taman.

Airnya sendiri sangat jernih dan berwarna biru toska yang sangat indah. Pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan dan suhu udara yang sejuk dikarenakan disana terdapat Tebing Gunung Kelir yang menjadi payung untuk wisatawan yang berada disana. Aktifitas yang dapat di lakukan di Taman Sungai Mudal ini, contohnya seperti berenang, berendam, bermain air, bersantai, maupun berfoto selfie dengan background taman sungai yang sangat indah.

TAMAN SUNGAI MUDAL (1)

Objek yang paling menonjol di taman Sungai Mudal adalah keberadaan kolam air alami. Disekitaran kolam ini terdapat berbagai jenis bunga terutama bunga anggrek. Jadi para pengunjung dapat menikmati alam sambil belajar mengetahui jenis-jenis bunga Anggrek.

Kolam untuk anak-anak dan dewasa mempunyai kedalaman dan luas berbeda. Untuk anak-anak dengan kedalaman sampai 1,5 meter dengan berukuran luas 7×11 meter persegi. Sedangkan untuk dewasa dengan kedalaman sampai 2 meter dan berukuran luas 7×10 meter persegi.

 

2020-02-03T09:30:39+00:00
Chat via Whatsapp