Pantai Ngrenehan, Pantai Eksotis Tersembunyi di Jogja

Pantai Ngrenehan, Pantai Eksotis Tersembunyi di Jogja

Deretan pantai yang terdapat di provinsi Yogyakarta memang seakan tiada habisnya untuk diexplore. Berbagai pantai dengan karakteristik berbeda, serta keindahan panorama alam yang mempesona menjadi daya tarik bagi para wisatawan domestik maupun asing. Satu lagi pantai yang memiliki keindahan luar biasa adalah Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan Jogja memiliki daya tarik termasuk sejarah asal usul yang unik. Obyek wisata ini termasuk salah satu yang ramai dikunjungi di Jogja. Pantai Ngrenehan menyimpan panorama alam yang tak kalah indah dengan pantai lain yang berada di Yogyakarta. Awalnya pantai ini bukan merupakan tempat wisata, melainkan tempat pelelangan ikan. Selain itu pantai ini juga digunakan para nelayan sekitar sebagai bersandarnya kapal-kapal nelayan usai mengarungi lautan untuk mencari ikan.

Pesona Pantai

Pantai ini memiliki pesona alam yang sungguh menakjubkan. Terhampar pasir putih nan lembut diseluruh bibir pantai. Tempat wisata ini memiliki luas pantai yang bisa dikatakan cukup sempit, hanya sekitar 100 meter persegi saja.

Lokasi dari Pantai Ngrenehan sendiri terbilang unik. Pantai ini diapit oleh dua tebing karang kokoh dan cukup tinggi di sisi kanan dan kiri. Kedua tebing karang tersebut menjorok ke laut dan dipenuhi tumbuhan sehingga nampak hijau, seolah menambah asrinya pemandangan di pantai ini. Kondisi tersebut membuat pantai ini nampak seperti teluk kecil jika dilihat dari ketinggian.

Karakter air di pantai ini terbilang sangat tenang, hal tersebut dikarekan kedua tebing karang yang mengapit pantai.Selain itu, air laut yang terdapat di Pantai Ngrenehan tergolong sangat jernih, berwarna biru kehijauan. Sehingga memungkinkan para wisatawan melihat dasar laut dari atas permukaan air.Selain itu, air laut yang terdapat di Pantai Ngrenehan tergolong sangat jernih, berwarna biru kehijauan. Sehingga memungkinkan para wisatawan melihat dasar laut dari atas permukaan air.

pantai ngrenehan (1)

Wisatawan juga dapat menemukan kapal-kapal nelayan berjejer rapi tengah di parkir di tepi pantai. Pantai ini memang digunakan para nelayan sekitar sebagai tempat bersandar kapal sepulangnya melaut. Terdapat pula pelelangan ikan di pantai ini. Jika datang di pagi hari, wisatawan dapat membeli ikan segar dari tempat pelelangan dengan harga yang jauh lebih murah.

Walaupun digunakan sebagai tempat pelelangan ikan serta berlabuh kapal nelayan, kebersihan di pantai ini tetap terjaga. Terlihat dari kondisi air laut yang sangat jernih, serta masih belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi dari pantai eksotis ini seakan menyempurnakan keindahan dari Pantai Ngrenehan.

pantai ngrenehan (4)

Fasilitas

Sudah cukup lengkap fasilitas di Pantai Ngrenehan seperti:

  • Area Camping
  • Cafetaria
  • Area Pelelangan Ikan
  • Musholla
  • Tempat Parkir
  • Toilet

pantai ngrenehan (2)

Tiket Masuk

Tiket masuk pantai Gunung Kidul terbilang sangat terjangkau, salah satunya tiket masuk pantai ngrenehan. Para pengunjung hanya perlu merogoh kocek  Rp5.000 /orang dan itu sudah termasuk untuk masuk ke pantai nguyahan dan juga pantai ngobaran. Untuk parkir motor Rp2.000 sedangkan untuk parkir mobil Rp5.000-Rp10.000

 

2020-06-03T15:05:05+00:00
Chat via Whatsapp