Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Alami Jogja

Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Alami Jogja

Ingin menikmati wisata ai terjun yang beda dari lainnya? Air Tejun Kedung Kandang yang ada di Gunung Kidul bisa menjadi alternatif buat kamu lho, guys. Kedung Kandang ini memiliki bentuk sangat unik karena terdiri dari enam tingkatan air terjun dan berada di antara gugusan bebatuan serupa tebing. Letaknya juga berada di tengah persawahan yang berundak dan sangat asri.

lokasi-air-terjun-kedung-kandang

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang ini sebenarnya sangatlah strategis, karena berada satu jalur dengan objek wisata terkenal, yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Tepatnya berada d Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul – Yogyakarta. Dari pusat kota kamu tinggal mengikuti jalan menuju ke arah Wonosari saja dan nanti akan ada plang yang menunjukan rute menuju kesini.

Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun unik yang terletak di Gunungkidul, karena memiliki tingkatan sebanyak 6 tingkat. Kita bisa menaiki tingkatan air terjun tersebut satu persatu karena struktur bebatuan air terjunnya yang landai dan debit airnya tidak terlalu deras. Ciri khas dari air terjun ini adalah tebing-tebing batu vulkanik yang sama dengan yang ada di Gunung Api Purba Nglanggeran, karena memang jaraknya berdekatan.

Selain itu persawahan yang luas dan hijau, dan menjadi salah satu pemandangan indah yang bisa dinikmati sambil berfoto di tempat ini. Untuk bisa memasuki area wisata ini cukup membayar tiket masuk seharga Rp7.000, dan untuk biaya parkir roda dua akan dikenakan tarif Rp2.000, sedangkan untuk roda empat Rp5.000

indahnya-air-terjun-kedung-kandang

Dikelola Pemerintah Daerah

Air terjun yang terletak di Desa Nglanggeran ini sebenarnya belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat, dan saat ini hanya kelola oleh warga sekitar saja. Oleh karenanya belum ada akses jalan yang bagus untuk bisa mendatangi air terjun ini. Namun kita masih bisa berjalan melipir menuruni persawahan dengan hati-hati dan sabar karena memang cukup jauh dan memutar agar bisa tiba dibagian bawah air terjunnya.

2020-01-30T13:39:43+00:00
Chat via Whatsapp