Wisata Kalibiru : Menikmati Jogja dari Ketinggian

Home/Wisata Alam/Wisata Kalibiru : Menikmati Jogja dari Ketinggian

Wisata Kalibiru : Menikmati Jogja dari Ketinggian

Wisata Kalibiru

Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl. Lokasi kawasan wisata ini terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 40 km, atau hanya berjarak 10 km dari Kota Wates, Ibukota Kabupaten Kulonprogo. Lokasi yang lumayan tinggi sehingga menyajikan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan. Hawa yang sejuk juga bisa kita nikmati selama perjalanan menuju ke lokasi. Akses jalan yang sudah teraspal rapi hingga ke lokasi wisata memudahkan siapa saja yang ingin mengunjungi wisata alam ini. Hanya saja jalannya sedikit menanjak.

Wisata Alam ini dibangun atas inisiatif masyarakat di sekitar hutan Negara yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan wisata alam ini tidak lepas dari proses panjang upaya masyarakat di sekitar hutan dalam memulihkan keadaan hutan yang dulunya tandus dan gersang.

Pembangunan wisata alam Kalibiru dilakukan sebagai salah satu bentuk pemanfaatan jasa lingkungan atas dasar Izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan selama 35 tahun. Terhitung sejak 14 Pebruari 2008 yang diperoleh kelompok-kelompok pengelola hutan atas kepercayaaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat di sekitar hutan lama ini.

Pemandangan Alam

Begitu kita sampai di lokasi wisata lam ini selain disambut dengan bentang alam yang masih hijau dan asri. Tak lupa kita juga akan disambut oleh keramahan warga masyarakat setempat. Setelah dari tempat parkir kita harus berjalan kaki menyusuri jalan yang sudah disemen. Pandangan pertama kita kan melihat cottage-cottage yang biasa disewakan bagi wisatawan yang ingin bermalam di sana. Setelah kita lanjut berjalan ke atas kita kan disuguhi sebuah pemandangan yang sangat luar biasa. Kita dihadapkan dengan hamparan hijau yang luas dan membentang panjang. Di atas ketinggian puncak kali biru ini juga disediakan beberapa gardu pandang. Gardu itu untuk memudahkan kita untuk lebih jelas melihat pemandangan sekeliling kita. Salah satu pemandangan yang menakjubkan yaitu dari puncak kalibiru ini kita bisa menikmati pemandangan waduk sermo secara utuh dari atas. Hamparan air yang tertampung di waduk sermo akan nampak lebih indah jika dilihat dari sini.

Fasilitas

Wisata alam kalibiru ini juga menyediakan tempat yang bisa digunakan untuk pertemuan. Ruang pertemuan yang ada dikawasan ini disediakan khusus dalam bentuk rumah joglo terbuka yang masih asli. Tersedia joglo sebanyak 3 unit, masing-masing memiliki kapasitas hingga 75 orang. Bagi yang bosan dengan pertemuan yang biasa-biasa saja lokasi ini bisa dipilih, melakukan pertemuan sembari menikmati pemandangan alam yang masih asri.

Selain itu juga disediakan pondok wisata (cottage) yang merupakan fasilitas penginapan yang didesain seperti rumah kampung jawa, termasuk fasilitas kamar mandi dalam. Di kawasan ini ada 6 unit fasilitas pondok wisata dengan daya tampung 10-15 orang setiap cottagenya.

Bagi yang suka memacu adrenalin di sini juga disediakkan area outbond. Ada beberapa jenis outbound yang tersedia tinggal mau pilih yang mana. Setelah outbound bisa dilanjut dengan melakukan tracking dengan jalur yang dijamin tidak mengecewakan. Selama tracking kita bisa merasakan menyatu dengan alam. Karena selama perjalanan kita akan melewati jalan-jalan pedesaan yang dikelilingi pepohonan yang masih sangat asri. Keramahan warga juga akan menyambut kita selama dalam perjalanan.

kalibiru-jogja kalibiru-jogja-1 kalibiru3 kalibiru-jogja-4 kalibiru-jogja-5 kalibiru-jogja-6 kalibiru-jogja-7 kalibiru-jogja-8

By | 2018-04-05T09:00:42+00:00 January 16th, 2018|Wisata Alam|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment