Tips Menikmati Wisata Lava Tour Merapi

Tips Menikmati Wisata Lava Tour Merapi

Tips Menikmati Wisata Lava Tour Merapi – Lava Tour Merapi merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta. Wisata ini menyuguhkan atraksi adrenalin dengan mengendarai mobil jeep menyusuri lereng terjal, bukit, sungai dan jurang di lereng Gunung Merapi.

Wisata lava tour ini dimulai dari titik pemberangkatan disekitar cangkringan dan kaliurang menyusuri jalan rusak akibat erupsi merapi,lereng bukit terjal, masuk sungai, museum merapi hingga ke bekas bungker dipuncak merapi.

Tips menikmati lava tour merapi

Beberapa waktu lalu paket wisata lava tour merapi sempat menjadi trending topik di media massa karena tragedi kecelakaan jeep yang menewaskan satu orang wisatawan dan lainnya mengalami luka-luka akibat kendaraan yang ditumpanginya lepas kendali dan masuk jurang. Ada beberapa tips jika ingin menikmati paket wisata lava tour merapi diantaranya:

1. Pilih kendaraan yang sehat

Di wisata lava tour merapi banyak sekali disediakan berbagai macam kendaraan jeep. Baik dari jeep yang sudah uzur hingga jeep yang masih baru. Jika ingin menikmati paket wisata ini pilih jeep yang masih sehat dan bagus karena medan yang dilalui dalam paket wisata ini cukup ekstrem. Jika dilihat dari segi harga tidaklah jauh berbeda.

2. Pilih jeep berasuransi

Ketika akan menikmati paket wisata ini cari jeep yang berasuransi, tulisan asuransi yang melindungi biasanya ditempel pada bodi kendaraan. Jika tidak ada tulisan bisa di tanyakan pada sopirnya. Dengan memilih jeep yang berasuransi, ketika terjadi kecelakaan dalam wisata tersebut dapat mengklaim kerugian pada pihak asuransi.

3. Sediakan kaca mata dan masker

Medan yang dilalui wisata ini sangat berdebu karena material debu beterbangan setelah dilalui ratusan kendaraan. Jika debu ini terhirup akan membuat dada menjadi sesak dan dan jika mengenai mata akan membahayakan mata.

4. Sediakan jas hujan

Kondisi cuaca di puncak Merapi tidak menentu, saat berangkat masih cerah tapi dalam hitungan menit bisa berubah menjadi kabut dan turun hujan. Apalagi jika perjalanannya dilaksanakan pada sore hari. Mengapa jas hujan menjadi hal yang penting, karena kebanyaak jeep tidak memiliki tutup sehingga bisa basah kuyup saat terjadi hujan.

5. Lindungi barang elektronik

Para wisatawan biasanya menyedikan HP atau kamera untuk mengabadikan momen-momen wisata. Jika memang hal itu sangat penting maka sediakan pelindung anti air untuk menghindari basah saat melalui track sungai atau terjadi hujan.

6. Pastikan dalam kondisi sehat

Paket wisata ini cukup menantang dan memacu adrenalin. Jika akan mengikuti perjalanannya usahakan dalam kondisi sehat. Apabila dalam kondisi kurang sehat alangkah baiknya tidak mengikuti paket wisata ini.

2019-02-13T09:07:58+00:00