Tips Liburan di Jogja dengan Budget Tipis

Tips Liburan di Jogja dengan Budget Tipis

Jogja dengan banyaknya objek wisata yang beragam, memang menarik hati untuk dikunjungi. Tapi, sayangnya budget terkadang menjadi kendala tersendiri yang membuat kita hanya bisa sebatas menyusun rencana saja.

Tenang! Kamu tetap bisa kok, liburan ke Jogja dengan seru dan menyenangkan meskipun budget yang kamu punya pas-pasan. Ikuti tips berikut ini.

  1. Mengunjugi objek wisata yang murah meriah

benteng vredebyrg dari depan

Jogja memiliki banyak objek wisata menarik dan murah meriah serta ramah di kantong. Apalagi jika budget yang kamu punya benar-benar terbatas. Misalnya mengunjungi Benteng Vredeburgh yang tiket masuknya tidak sampai Rp10.000. Setelah puas menyusuri seluk beluk benteng tersebut, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar titik 0 km dan malioboro. Atau mungkin kamu bisa mengunjungi Museum Sandi yang bahkan tidak memungut uang masuk alias gratis.

Buat daftar tempat apa saja yang ingin kamu kunjungi di Jogja. Selain menghemat pengeluaran, daftar tersebut akan membuat jadwal perjalanan liburanmu tersusun rapi dan jelas.

2. Sesuaikan penginapan denga jumlah rombongan

penginapan di jogja

Jika kamu berlibur dalam rombongan yang besar, kamu bisa memilih homestay atau guest house. Jadi, biaya menginap bisa dibagi dengan rombongan sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Tapi bila kamu hanya berdua atau dengan rombongan kecil, bisa mencoba mencari penginapan yang murah dan nyaman.

3. Memanfaatkan Transportasi Umum

trans jogja

Salah satu transportasi umum yang bisa kamu gunakan adalah trans Jogja. Bus kota yang satu ini memiliki rute yang cukup luas. Biayanya pun murah. Tidak sampai Rp5.000 untuk sekali jalan. Trans Jogja melewati cukup banyak destinasi wisata yang membuatmu tak kehabisan tujuan. Ingat, pilih tempat wisata yang sesuai dengan kekuatan kantongmu ya.

Atau kalau memang kamu harus menyewa kendaraan, sesuaikan dengan jumlah rombongan. Kamu bisa menyewa mobil jika rombonganmu banyak, atau motor jika anggota perjalanan liburan hanya sedikit.

4. Berburu rumah makan murah di sekitar kampus-kampus

Warung Burjo

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, sehingga tak heran kalau begitu banyak instansi pendidikan yang menyebar diberbagai tempat. Nah, biasanya tempat makan yang berada diseputaran kampus memiliki rentang harga yang cukup murah karena disesuaikan dengan kantong mahasiswa.

Misalnya, tempat makan dengan menu geprekan, atau rumah makan padang murah yang enak dan bersahabat di kantong. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan tempatnya juga ya.

5. Mengunjungi objek wisata yang berdekatan

Candi-Prambanan

Mengunjungi beberapa tempat wisata yang berdekatan sekaligus merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran dan waktu. Misalnya, kamu mengunjungi salah satu tempat wisata pantai di Bantul, kamu bisa mengelompokkan tempat-tempat wisata yang dekat dengan pantai tersebut. Sehingga biaya transportasi bisa ditekan dan waktumu tidak terbuang sia-sia.

 

2019-03-05T00:59:53+00:00