Team Building Jogja

Home/Outbound Jogja/Team Building Jogja

Team Building Jogja

Progam Outbound Team Building Jogja

Team Building adalah program pelatihan khusus yang dirancang dengan tujuan membangun kerjasama kelompok. Progam ini didasari oleh perasaan saling menghargai kemampuan tiap anggota kelompok dan didukung dengan pola komunikasi yang teratur.

Secara umum pelatihan ini bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mengembangkan dan membentuk sikap mental kerja berkualitas. Selain itu mampu membangun kerja sama tim yang kuat dalam kelompoknya maupun kelompok lainnya. Serta mampu membentuk tim kerja yang solid sehingga tugas atau pekerjaan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan terarah.

Mengapa Diperlukan Team Building?

team buildingPada prinsipnya kita memerlukan team building untuk memperbaiki kinerja kelompok yang kita miliki, namun ada beberapa kondisi yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan team building, antara lain:

  1. Kondisi kelompok yang memerlukan peningkatan moralitas dan hasil kerja tim.
  2. Pucuk pimpinan yang jarang berfikir dan bertindak sebagai bagian sebuah kelompok.
  3. Terjadi kurang pengertian antar sesama anggota kelompok, tidak ada arahan dan semangat kerja yang timbul dalam suatu kelompok, sehingga kelompok kehilangan arah kerja.
  4. Dalam kelompok baru dimana terdapat beberapa individu yang menonjol tapi tidak dapat bekerja bersama dalam kelompok.
  5. Kurangnya rasa percaya diri antar sesama anggota tim, tidak dapat dicapai kesepakatan terhadap tujuan bersama tim dan adanya ketidaktahuan akan kemungkinan peluang yang dapat dilakukan oleh anggota tim.

Apa Saja Tujuan dari Pelatihan Team Building?

Program Pelatihan Team Building memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan rasa memiliki (sense of belonging) dan kepercayaan (TRUST) terhadap nilai-nilai organisasi yang termanifestasikan dalam perilaku sehari-hari di tempat kerja.
  2. Meningkatkan kesadaran dan sensitifitas atas fenomena yang terjadi di tempat kerja dan berlatih menjadi bagian dari solusi (part of solution).
  3. Menghidupkan kembali (reawakening) komitmen manajemen untuk melaksanakan corporate culture yang telah disepakati oleh the founding father dari organisasi atau perusahaan .
  4. Melepaskan dan menetralisir (release) masalah-masalah emosional dan sosial yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan nilai, interaksi harian di kantor maupun tekanan di luar lini perusahaan
  5. Membangun semangat kebersamaan (sinergi) dengan prinsip-prinsip leadership dan followership yang seimbang
  6. Mengurangi ego sektoral sekaligus meningkatkan performance sebagai satu team (Teamwork)
By | 2018-08-23T14:01:15+00:00 August 23rd, 2018|Outbound Jogja|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment