Pesona Si Putih Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Syahwal)

Home/Wisata Pantai/Pesona Si Putih Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Syahwal)

Pesona Si Putih Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Syahwal)

Asal Nama

Pantai Indrayanti, nama pantai yang terletak di Jogja ini sedikit terdengar aneh, mengingatkan pada sebuah nama “Indra” serta “Yanti”. Pasangan suami istri yang namanya terpampang di depan restoran miliki swasta di kawasa pantai. Ternyata orang yang datang ke pantai ini lebih mengingat nama Indrayanti daripada Pantai Pulang Syawal yang diambil dari nama desa di dekat pantai.

Nama Indrayanti terlanjur familiar di telinga masyarakat lokal maupun wisatawan. Sempat dipermasalahkan oleh Pemda DIY dan berhembus wacana mau ditutup. Permasalahan izin resmi menjadi pemicu selain dikeloloa oleh pihak swasta dan menyalahi spadan pantai. Pemda DIY juga menilai pantai ini tidak berkontribusi langsung kepada pemasukan DIY.

Pantai Indrayanti

Meski tidak dikelola Pemda DIY, pihak swasta sangat berperan aktif dan tak segan-segan menjatuhkan denda atau hukuman pada para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Sehingga Pantai Indarayati terkenal dengan air laut yang bersih, jernih hingga sepanjang  garis pantai bebas dari sampah. Kondisinya masih alami, belum terkontaminasi oleh aneka limbah.

Keindahan Panorama

Pantai Indarayati menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Pantai Indrayanti terletak di Wonosari ,Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak, kurang lebih berjarak 500 m ke arah timur.

Pantai Indrayanti (4)

Deratan pantai berpasir putih pun tampak bersih terhampar di sepanjang garis sepanjang 250 m. Keberadaan batu karang tempat bersembunyinya ikan-ikan berwarna-warni dan biota laut lainnya menambah keindahan dan keceriaan. Jika ingin bermain-main pengelola menyediakan jaring kecil yang dapat di beli dengan harga murah.

Di sisi pantai terdapat bukit-bukit yang bisa dipanjang untuk melihat keindah Pantai Indrayanti dari atas ketinggian. Pemandangan terbaik Pantai Indarayati tidak hanya saat matahari menjelang terbenam. Pada pagi hari menawarkan suasana pantai yang sejuk. Sementara bukit-bukit di belakang  garis pantai menjadi daya tarik tersendiri dengan deburan ombak.

Pantai Indrayanti (3)

Terdapat juga gunung batu karang yang cukup besar, untuk mencapai puncak karang telah dibuat anak tangga oleh penduduk lokal. Dari puncak kita bisa menikmati serta berfoto dengan latar pantai yang indah dan luas.

Jika ingin memacu adrenalin tersedia juga jet ski yang dibawa oleh drivernya dengan manuver-manuver yang sangat mendebarkan tetapi aman, jangan kuatir karena disediakan baju pelampung. Setelah puas menyelusuri keindahan pantai, paling nikmat melepas lelah sambil tiduran di bawah payung sambil menikmati ombak pantai di atas pasir putih.

Pantai Indrayanti (5)

Pantai Indarayati berbatasan langsung dengan laut Samudera Hindia di sisi bagian selatan. Biasanya pantai selatan identik dengan aroma mistis Nyi Roro Kidul. Namun sepertinya, hal itu tak berlaku pada  Pantai Indrayanti yang tak memiliki banyak sejarah dan mitos seperti bagian pantai selatan lainnya.

By | 2018-04-25T09:13:43+00:00 January 26th, 2018|Wisata Pantai|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment