Pesona Pantai Sepanjang

Pesona Pantai Sepanjang

Pesona Pantai Sepanjang

Jajaran pantai di Gunung Kidul selalu memiliki kisahnya masing-masing. Walaupun pemandangan serupa satu sama lain, tetapi tetap saja ada faktor x yang membedakannya. Begitu pula dengan Pantai Sepanjang. Obyek wisata ini memang tergolong baru, tidak seperti Baron, Sundak, maupun Kukup.

Pesonanya yang luar biasa ini mampu memikat hati para wisatawan. Terutama kalau Anda memang berencana menjelajahi pantai-pantai Gunung Kidul satu per satu. Tentu Sepanjang tidak boleh terlewatkan.

Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui. Pantai Sepanjang memiliki julukan sebagai Pantai Kuta Tempo Dulu. Topografinya memang hampir mirip, meskipun Pantai Kuta sekarang yang ada di Bali sudah berkembang menjadi lebih modern.

Inilah mengapa Pantai Sepanjang disebut sebagai versi ‘dulu’, karena penampakannya mengingatkan kepada keadaan Pantai Kuta sebelum mengalami kemajuan pesat sebagai salah satu ikon Pulau Dewata.

pesona pantai sepanjang (1)

Daya Tarik Pantai Sepanjang

Pembahasan pertama mengenai daya tariknya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda temui di Pantai Sepanjang :

1. Filosofi Nama Pantai Sepanjang

‘Apalah arti sebuah nama’, mungkin ungkapan ini sering Anda dengar ketika ada seseorang yang mengagumi orang lain tapi tidak mengetahui namanya. Tapi jangan salah, pemberian nama justru menggambarkan kondisi dan situasi suatu subyek secara nyata.

Contohnya Pantai Sepanjang. Pemberian nama ‘Sepanjang’ tentu bukan tanpa alasan.

Faktanya, nama Sepanjang diambil dari garis pantai yang cukup panjang daripada pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya. Memang daerah ini memiliki puluhan obyek wisata pantai yang jaraknya berdekatan, tapi biasanya pantai-pantai lain tak memiliki garis pantai panjang. Hal ini disebabkan adanya perbukitan karang yang menjulang dan dijadikan sebagai pembatas antar pantai.

Berbeda dengan Pantai Sepanjang. Memang di sebelah timur dan barat terdapat bukit karang, tapi garis pantainya lebih panjang. Jadi di sinilah letak keistimewaannya. Anda bisa dengan puas menikmati pesona pantai berpasir putih sejauh mata memandang.

2. Berburu Biota Laut

pesona pantai sepanjang (3)

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Sepanjang adalah dengan berburu biota laut. Baik itu ikan hias, bintang laut, rumput laut maupun kerang-kerangan. Cobalah mencarinya di sela-sela karang ketika air laut sedang surut, biasanya menjelang sore hari.

Hasil perburuan ini dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Untuk membawa oleh-oleh tak harus makanan kan?

Namun bila Anda ingin membawa oleh-oleh berupa makanan juga bisa. Warga setempat menjual aneka jajanan seperti rempeyek dan dapat Anda bawa pulang.

3. Situs Bersejarah Banyusepuh

Kemudian daya tarik lain yang bisa Anda telusuri adalah mengenai situs banyusepuh. Letaknya pun tak jauh dari Pantai Sepanjang. Konon, situs ini berupa mata air yang sering digunakan oleh para wali untuk mencuci atau membasuh senjata pusaka mereka. Kadang warga sekitar juga memanfaatkannya sebagai sumber air untuk mandi.

Namun sayangnya situs ini sudah tidak berfungsi seperti sedia kala. Kurangnya perawatan membuat mata air lama-lama kotor dan kering. Sekelilingnya juga banyak ditumbuhi tanaman-tanaman liar.

Akan tetapi, Anda bisa saja berjalan-jalan untuk sekedar melihatnya kalau memang penasaran. Tanyakan saja kepada petugas maupun warga sekitar dan minta tolong antarkan sampai tempat tujuan.

4. Santai di Pinggir Pantai

Bersantai di pinggir pantai merupakan aktivitas yang juga banyak disukai oleh masyarakat, karena Anda tidak perlu bergerak secara berlebihan. Bukan berarti tidak produktif, tetapi cuaca di pantai yang cenderung panas akan membuat Anda cepat lelah dan dehidrasi. Tujuan berkunjung ke pantai itu untuk sekedar healing serta menyegarkan pikiran, jadi manfaatkan momen ini untuk bersantai tanpa banyak bergerak.

Belum lagi angin sepoi-sepoi menambah rasa rileks. Di samping itu masih ada pemandangan lautan dengan gradasi warna dari tosca hingga biru tua, lalu suara deburan ombak yang terkadang lantang namun tetap menenangkan.

Anda bisa bersantai sejenak di gubug-gubug yang sudah disediakan di tepian pantai. Gubug sederhana ini terbuat dari kayu dengan atap jerami. Akan lebih nikmat bila ditemani dengan camilan-camilan dan orang terkasih.

5. Hunting Foto

Daya tarik lainnya dari Pantai Sepanjang yang paling dicari adalah panorama sempurna sebagai spot foto. Bagi Anda yang tak ingin ketinggalan membagikan momen berharga di media sosial, hunting foto menjadi kegiatan wajib setiap kali berkunjung ke obyek wisata. Anda pun bisa mendapatkannya di pantai ini.

Dengan latar belakang kombinasi lautan dan pasir putih serta garis pantai yang panjang, hasil foto akan tampak instagramable.

Tapi perlu diingat, bahwa momen ‘tepat’ pengambilan foto adalah ketika air laut masih pasang.

Mengapa? Karena saat air laut surut, karang-karang yang dipenuhi dengan rumput laut hijau akan terlihat dengan jelas, jadi hasilnya kurang fotogenik.

2019-02-15T10:37:19+00:00