Outbound di Pantai Goa Cemara

Home/Outbound Jogja/Outbound di Pantai Goa Cemara

Outbound di Pantai Goa Cemara

Outbound di Pantai Goa Cemara

Outbound di Pantai Goa Cemara merupakan salah satu pilihan lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan outbound atau gathering. Pantai Goa Cemara merupakan salah satu pantai yang terletak di pesisir Bantul, Yogyakarta.

Sesuai namanya, di kawasan Pantai Goa Cemara terdapat banyak sekali pohon cemara yang tumbuh rimbun disekitar pantai. Pepohonan cemara inilah yang menarik minat wisatawan untuk datang. Saking rimbunnya, untuk bisa menuju ke bibir pantai kita harus berjalan diantara pepohonan cemara tersebut. Sehingga membuat suasana pantai terasa teduh dan sejuk, seiring dengan udara pantai menghampirinya. View itulah yang menjadi asal usul nama dari tempat wisata Jogja satu ini. Rimbunnya pohon cemara seakan menciptakan sebuah goa dengan pemandangan yang sangat keren. Panjang goa ini sekitar 200 meter menuju bibir pantai.

Outbound Pantai Goa Cemara

Selain membuat suasana pantai menjadi sejuk, pohon-pohon cemara di Pantai Goa Cemara ini juga menyajikan pemandangan yang  menarik. Sehingga bisa menjadi background yang bagus untuk para photographer atau untuk mereka ingin berfoto-foto bersama. Pantai Goa Cemara juga memiliki pasir coklat kehitaman dengan garis pantai yang cukup panjang, namun bukan pasirnya yang menjadi daya tarik utama dari wisata ini.

Di Pantai Goa Cemara terdapat Balai Konservasi Penyu, dimana pada bulan tertentu akan melakukan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut lepas. Wahana konservasi penyu ini digunakan sebagai media pelestarian terhadap penyu yang semakin berkurang keberadaannya. Selain itu tempat konservasi penyu ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Goa Cemara.

pantai goa cemara

Mitos Pantai

Asal-usul nama Pantai Goa Cemara berasal dari warga sekitar karena di lokasi pantai terdapat banyak pohon cemara yang membentuk sebuah lorong panjang seperti goa.

Lorong ini terbentuk karena begitu rimbunnya pohon-pohon cemara di Pantai Goa Cemara. Sebuah terowongan kecil di Pantai Goa Cemara menjadi keunikan tersendiri sehingga menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona di tempat ini.

Mitos Pantai Goa Cemara Bantul sering dikaitkan oleh masyarakat sekitar dengan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Bahkan, setiap tahunnya di area Pantai Goa Cemara selalu diadakan tradisi Lelabuhan sebagai ritual untuk menghormati sang penguasa alam gaib di pesisir selatan Jawa tersebut. Tradisi Lelabuhan selalu diadakan setiap tahun baru Hijriyah, yaitu pada tanggal 1 Muharam atau yang biasa dikenal dengan 1 Suro pada penanggalan Jawa. Dalam tradisi Lelabuhan Pantai Goa Cemara warga sekitar akan mengarak sebuah boneka mirip kambing yang diberi nama Kambing Kendhit. Boneka Kambing Kendhit akan diarak bersama Kirab yang berisi beberapa hasil bumi dari Kabupaten Bantul sebagai simbol dari kesuburan alam di kota ini.

By | 2018-06-04T15:32:27+00:00 May 14th, 2018|Outbound Jogja|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment