Gumuk Pasir Parangkusumo: Satu-Satunya di Asia Tenggara

Home/Wisata Alam/Gumuk Pasir Parangkusumo: Satu-Satunya di Asia Tenggara

Gumuk Pasir Parangkusumo: Satu-Satunya di Asia Tenggara

Gumuk Pasir Parangkusumo: Satu-Satunya di Asia Tenggara

Sudah pernah ke Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta? Gumuk dalam bahasa Jawa merupakan gundukan atau tumpukan. Jadi Gumuk Pasir disini dimaksudkan dengan tumpukan atau gundukan pasir. Gumuk Pasir Parangkusumo berada di muara Sungai Opak sampai Pantai Parangtritis atau antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta ke arah selatan menuju jalan Parangtritis dan lurus saja hingga anda bertemu loket masuk Pantai Parangtritis. Sebelum loket tersebut terdapat belokan ke arah kanan dan ikuti belokan tersebut hingga bertemu loket pembayaran masuk Pantai Depok. Sebelum loket masuk Pantai Depok akan terdapat belokan ke arah kiri, ambil belokan tersebut dan lurus saja maka anda akan menemukan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Gundukan pasir yang mengumpul merupakan material yang berasal dari abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Kemudian di sini material vulkanik tersebut terombang-ambing oleh ombak hingga akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai dan dengan mudah dapat diterbangkan oleh angin. Karena proses yang secara terus-menerus tersebutlah hingga terbentuk gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Gumuk Pasir Parangkusumo tersebut akhirnya semakin melebar dan tinggi akibat tiupan angin secara terus-menerus.

Gumuk Pasir Parangkusumo (2)

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki suhu yang cukup ekstrim. Dimana ketika siang suhu sangat panas dan terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin. Sedangkan pasir yang terdapat di area ini terbilang unik karena memiliki karakteristik yang sama dengan gurun pasir yang terdapat di Meksiko. Gumuk Pasir Parangkusumo juga dijadikan wisata yang seru untuk bermain ski pasir (Sandboarding). Dengan ketinggian sekitar 20 meter, pengunjung dapat meluncur sepanjang 200 Kalau ingin bermain ski pasir, ada penyewaan alat pengaman untuk siku, lutut dan helm sehingga Anda tidak perlu takut untuk meluncur.

Gumuk Pasir Parangkusumo (3)

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo adalah Rp. 3.000. Harga tersebut belum termasuk parkir jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk mencoba sandboarding harga yang dipatok adalah Rp. 200.000/orang (minimal 6 orang) dengan durasi 2 jam permainan. Dengan harga tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung seperti helm, pengaman siku dan lutut.

Gumuk Pasir Parangkusumo (4)

Tips Berkunjung

Sebaiknya gunakan topi ketika siang hari karena udara sangat panas layaknya di padang pasir. Tidak lupa juga kacamata untuk melindungi mata dari tebaran pasir yang dihembuskan oleh angin. Untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan pemandangan yang memukau, datanglah pada waktu senja atau sore hari. Dimana anda dapat mengabadikan foto dengan berlatar belakang sunset dan pasir yang menawan.

 

By | 2018-04-22T23:40:16+00:00 February 13th, 2018|Wisata Alam|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment