Bakpia Pathok Jogja

Home/Makanan & Oleh-Oleh/Bakpia Pathok Jogja

Bakpia Pathok Jogja

Bakpia Pathok Jogja

Halo Sahabat De Jogja! Salam Adventure! Kali ini kita mau bahas sesuatu yang bikin kita laper. Penasaran? Oke cuss langsung saja.

Yogyakarta adalah kota yang menyimpan sejuta kenangan. Eits, jangan baper yak. Dari sejuta kenangan tersebut ada satu nama yang muncul yaitu Bakpia Pathok. Mendengar Bakpia Pathok pasti pikiran kita bakalan tertuju ke salah satu kota yaitu Yogyakarta. Namun siapa sangka sebenarya bakpia bukan makanan asli dari Jogja melainkan dari Tiongkok. Wow!

Di negara asalnya, Bakpia memiliki nama asli Tou Luk Pia (berasal dari dialek Hokkian) yang secara harafiah berarti kue yang berisi daging. Entah lidah siapa yang pertama kali ‘terpeleset’ menyebutnya menjadi Bakpia. Meskipun berasal dari China, Bakpia yang ada di Yogyakarta telah mengalami adaptasi rasa dan evolusi bentuk yang disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Bakpia yang ada di Yogyakarta tidak lagi berisi daging, melainkan berisi kacang hijau. Lantas bagaimana awal mula Bakpia menjadi makanan khas Yogyakarta?

Pada tahun 1948, ada keluarga keturunan Tionghoa bernama Goei Gee Oe yang mencoba membuat Bakpia sebagai industri rumahan. Saat itu Bakpia buatannya tidak dijual di toko melainkan dijajakan secara eceran, dari rumah ke rumah. Bakpia buatan Goei Gee Oe itu juga belum dikemas dan diberi label seperti saat ini, melainkan hanya dimasukkan dalam besek (wadah makanan berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu).

Setelah sekian lama berlalu, peminat Bakpia pun semakin meningkat, sehingga pada tahun 1980 mulai muncul produsen-produsen Bakpia di kawasan Pathuk. Kali ini para pembuat Bakpia tidak lagi menjualnya dari pintu ke pintu melainkan sudah membuka toko di rumahnya. Bakpia pun dikemas menggunakan dos atau kertas karton dengan merk dagang berupa nomer rumah pembuatnya dan dikenal dengan nama Bakpia Pathuk. Pelabelan Bakpia dengan merk dagang berupa nomor rumah itu masih tetap bertahan hingga saat ini. Oleh karena itu, Anda tidak perlu bingung saat melihat merk Bakpia yang terdiri dari angka-angka yang berbeda.

Seiring dengan berkembangnya makanan ini dan banyaknya permintaan dari pelanggan, Bakpia Pathok tidak hanya berisi kacang hijau saja, dan sekarang berkembang dengan berbagai varian isi. Mulai dari keju, kumbu hitam dan coklat.

Untuk menemukan oleh-oleh khas yang satu ini bukanlah hal yang sulit, bahkan sangat mudah didapat. Berikit kami berikan rekomendasi tempat yang menjual bakpia plus sudah terkenal sejak dulu. Dijamin masih fresh dan anget.

  1. Bakpia Pathok 25

Bakpia-Pathok-25

Kenapa sih kalau merk bakpia Jogja biasanya pakai angka? Maksudnya apa sih angka-angka ini? Sebenarnya kadang emang kita gak akan tau arti angkanya Sob. Tapi kadang angkanya bermakna nomor jalan si tokonya. Kayak bakpia pathuk 25 ini, yang kita juga gak ngerti apa maksud 25nya.

Nah kita bisa nemuin bakpia patok 25 di pusat tokonya di Jl. AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504. Tapi untuk kita bisa juga membeli bakpia pathok 25, di Toko Kembang Jawau, Toko Ongko Joyo, Pasar Pathok dan Bandar Jaya. Outlet-outletnya bisa dibilang cukup sederhana, namun selalu dipenuhi pengunjung yang ingin membeli bakpia sebagai buah tangan untuk orang tercinta. Di Bakpia Pathok 25, Sahabat De Jogja bisa lihat proses pembuatannya secara langsung

  1. Bakpia Pathok 75

Bakpia-Pathok-75

Bakpia ini merupakan bakpia legendarisnya Jogja. Tempat yang telah berdiri sejak tahun 1948 tidak pernah mengubah resep bakpia Jogja mereka sehingga cita rasa bakpia pathuk ini terjaga. Bukan hanya resep namun juga cara memasaknya yang masih tradisional ini juga masih dipertahankan. Bakpia ini bisa kita temukan di Jalan KS Tubun No. 75 dan beberapa cabang lainnya yang tersebar di seluruh penjuru Yogyakarta. Kalau kita beli di Bakpia Pathuk 75 ini sudah tidak mungkin diragukan lagi kelezatannya

  1. Bakpia Merlino

Bakpia-Merlino

Walaupun tergolong pendatang baru, Bakpia Merlino juga gak kalah saing. Bakpia Merlino ini muncul pada tahun 2000-an dan memiliki dua outlet yang terletak di Jalan RE Martadinata dan Jalan Pakuningratan. Sebenarnya awal mulanya, Bakpia Merlino adalah toko bakery yang menjual berbagai macam roti dan camilan termasuk bakpia. Tapi,lama kelamaan bakpia merlino ini disukai dan dikenal. Bakpia ini rekomendeded buat sahabat yang berburu bakpia Jogja karena bakpia dari toko ini memiliki berbagai macam varian rasa seperti kacang hijau, kumbu hitam, cokelat, keju, susu, cappuccino dan masih banyak lagi.

  1. Bakpia Kencana

Bakpia-Kencana

Untuk lokasi selanjutnya adalah bakpia kencana. Bakpia Kencana yang memiliki dua outlet yaitu di Jalan Magelang Salam dan Jalan Wates ini menyediakan delapan varian rasa yaitu kacang hijau, keju, kumbu, coklat, ubi ungu, susu, durian dan green tea. Terkenal karena seger banget Gan dan kulitnya yang tipis dan lembut. Kemudian tidak menggunakan bahan pengawet loo. Jadi aman banget nih dibawa pulang buat keluarga dirumah.

  1. Bakpia Citra Premiun

Bakpia-Citra-Premium

Jika reader ingin membawa bakpia sebagai oleh-oleh dari Yogjakarta dengan kemasan yang elegan, maka Sahabat harus mendatangi Bakpia Citra Premium. Outletnya terletak di Jalam Pandean 2 sekitar Malioboro dan beberapa outlet kecil yang tersebar di Yogyakarta. Bakpia Citra Premium memiliki berbagai varian rasa yang dilapisi oleh kulit gurih dan lembut khas Bakpia Citra Premium. Di tempat ini, pengunjung juga diperbolehkan melihat proses pembuatan bakpia dari awal hingga akhir.

  1. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia-Kurnia-Sari

Bakpia Kurnia Sari bisa dikatakan pendatang baru sebagai produsen bakpia. Meski demikian, keberadaannya patut pula untuk diperhitungkan. Bakpia yang satu ini mempunyai cukup banyak keunggulan dibanding dengan bakpia-bakpia lainnya, yaitu jenis kulitnya yang lebih tipis, memiliki tekstur yang lebih lembut dan memiliki banyak pilihan rasa. Selain itu, Bakpia Kurnia Sari ini memiliki diameter yang lebih besar, isinya pun lebih padat. Jika tertarik membawa Bakpia Kurnia Sari sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta, kamu bisa langsung meluncur ke Jln. Ringroad Utara No. 6 (Ruko Permai Pogung Lor), Jln. Glagah Sari no.97C dan Jln. Glagah Sari No. 112 dan. Sebaiknya pesan dari jauh-jauh hari sebelum membeli, karena bakpia yang satu ini stoknya cepet habis.

  1. Bakpia Pathok 145

Bakpia-Pathok-145

Bakpia Pathok 145 juga menjadi salah satu bakpia yang patut banget diperhitungkan. Pathok 145 memiliki cita rasa yang khas dan tak kalah fenomenal dengan bakpia-bakpia lainnya. Jika ke Yogyakarta bisa membawa oleh-oleh Bakpia yang satu ini. Selain bakpia, ada juga yangko, gula kelapa muda, ampyang jahe dan berbagai macam oleh-oleh-oleh lainnya. Kamu cukup datang ke Jln. Gambiran no.40, Jln. Jendral Sudirman no.25, Jln. Wijilan depan Gudeg “Yu Djum”, Jln. Kaliurang KM 5 dan Jln. Solo km.8.

Nah, itulah beberapa tempat, merk dan produsen bakpia di Jogja. Masing-masing memiliki cita rasa yang enak dan khas, harga nya pun cukup terjangkau. Jangan bingung milihnya ya Sob! Hehehe

By | 2018-04-05T14:14:07+00:00 December 16th, 2017|Makanan & Oleh-Oleh|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment