Apa Itu Outbound?

Home/Outbound Jogja/Apa Itu Outbound?

Apa Itu Outbound?

Selama ini banyak orang kalau ditanya apakah pernah mengikuti outbound? Semuanya menjawab pernah. Namun apakah mereka semua tahu apa itu outbound? Nah, kali ini De Jogja Adventure akan menjelaskan apa itu outbound, apa tujuannya, bagaimana bentuk progamnya, dan apa saja materi outbound itu.

Pengertian Outbound

pengertian outbound

Asal-usul outbound berawal dari program pelatihan anak buah kapal salah satu pelayaran di Inggris. Pelatihan dilakukan tidak hanya di laut tetapi juga di darat yang berupa petualangan di alam, selama 26 hari. Istilah awal yang diberikan untuk pelatihan tersebut adalah “County Badge”. Kemudian berubah menjadi Outward Bound. Istilah Outward bound inilah yang kemudian terus dipakai sampai hari ini. Istilah Outward Bound sendiri sudah dipatenkan, sehingga semua orang boleh menggunakan istilah tersebut. Mungkin karena istilah Outward Bound sudah dipatenkan banyak orang kemudian menggunakan istilah ‘outbound’.

Outbound yang dipahami banyak orang adalah kegiatan di alam terbuka. Tetapi sebenarnya Outbound adalah kegiatan pelatihan yang menggunakan alam bebas sebagai media.

Sifat kegiatan umumnya menyenangkan, lucu, atau penuh tantangan.  Program pengembangan dan pelatihan yang dilakukan di luar ruangan, atau biasa disebut outbound hanya akan efektif bila dilaksanakan dengan baik, yakni mampu memberikan rasa percaya diri dan dapat menguatkan mental bagi para partisipannya.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Outbond ini di antaranya adalah :

  1. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri masing – masing peserta
  2. Mengetahui dan memahami perasaan, pendapat orang lain dan menghargai perbedaan
  3. Membangkitkan semangat dan motivasi untuk terus terlibat dalam kegiatan-kegiatan formal maupun informal
  4. Lebih mandiri dan bertindak sesuai dengan keinginan
  5. Lebih empati dan sensitif dengan perasaan orang lain
  6. Mampu berkomunikasi dengan baik
  7. Mengetahui cara belajar yang efektif dan kreatif
  8. Memberikan pemahaman terhadap sesuatu tentang pentingnya karakter yang baik
  9. Mengembangkan kualitas hidup peserta yang berkarakter
  10. Menerapkan dan memberi contoh karakter yang baik kepada lingkungan

Peserta Outbond merupakan suatu kelompok yang terdiri dari beberapa orang, dapat dimulai dari outbond yang diperuntukkan  bagi anak – anak sampai orang dewasa. Para siswa maupun karyawan suatu instansi perusahaan. Sedangkan tempat –  tempat yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk outbound, misalnya daerah pegunungan, kawasan hutan lindung, atau bahkan daerah pedesaan.

Mungkin akan timbul berbagai macam pertanyaan, kenapa kebanyakan outbond dilaksanakan di daerah pegunungan? Dan berbagai jawaban pun dapat menjawabnya, misalnya dengan pertimbangan bahwa kawasan pegunungan disinyalir udaranya masih bersih, sejuk, tidak ada polusi, dan pastinya jauh dari keramaian kota, dll.

Apa itu outbound (2)

Bentuk Program

  1. Team Building Goal

Program ini menunjukkan bahwa kerjasama adalah suatu hal yang mutlak diperlukan dalam pencapaian tujuan. Berbagai permasalahan akan dihadapi oleh peserta dimana mereka tidak mungkin menghadapinya sendiri. Saling tergantung, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini.

  1. Leadership Goal

Program pelatihan ini mengasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri peserta.Permasalahan-permasalahan yang ada perlu dihadapi oleh peserta dengan pengambilan keputusan yang berkualitas. Kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi dari para peserta akan digali dan dipelajari sebagai suatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari – hari.

  1. Outbound Training & Tamasya

Pelatihan ini akan banyak mempergunakan alam bebas (outdoor) sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan diadakan di alam terbuka. Program ini akandilakukan dengan komposisi 70% di alam terbuka dan 30% diskusi kelompok (group discussion) sebagai penunjang dari setiap kegiatan.

  1. Fun Game

Fun Game merupakan permainan yang menekankan unsur-unsur koordinasi, konsentrasi dan kebersamaan.

Materi Outbound Training

  1. Ice Breaking (Mencairkan Suasana): Memecahkan suasana yang kaku, dalam session ini para peserta diharapkan lebih mengenal antara peserta yang satu dengan yang lainnya.
  2. Communication (Komunikasi): Peserta akan dikoordinasikan dalam situasi permainan-permainan yang menarik, tidak membosankan. Berkomunikasi dapat membangkitkan rasa percaya terhadap rekan dan kelompoknya.
  3. Team Building: Jenis permainan yang bersifat menghibur juga mengajarkan kepada peserta mengenai berbagai pengetahuan yang hanya bisa diperoleh melalui pengalaman (experience) sendiri, serta wawasan peserta akan terasa dan bertambah kaya.

 

By | 2018-04-21T04:19:11+00:00 April 21st, 2018|Outbound Jogja|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment