8 Tempat Wisata Hutan Jogja Paling Hits

8 Tempat Wisata Hutan Jogja Paling Hits

8 Tempat Wisata Hutan Jogja Paling Hits

Jogja merupakan sebuah tempat yang memang menarik untuk dieksplorasi. Jogja dan keindahan alam serta keunikan budaya berhasil membuat banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke sana. Termasuk wisatawan mancanegara. Salah satu daya tarik Jogja yang indah adalah wisata alamnya yang beragam. Salah satu yang populer di Jogja adalah wisata hutan. Berikut beberapa wisata hutan di Jogja yang terkenal dan layak untuk dikunjungi.

  1. Hutan Pinus Asri

pinus asri

Hutan pinus merupakan salah satu tempat menarik untuk dieksplorasi. Di Jogja sendiri sudah ada beberapa wisata hutan, termasuk Hutan Pinus Asri yang berada tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Asri merupakan objek wisata yang cukup baru. Layaknya hutan pinus pada umumnya, wisata ini menyuguhkan jajaran pohon pinus yang indah. Hal menarik lainnya adalah adanya cukup banyak spot untuk berfoto. Yang mana Tempat Hunfot di Jogja ini menarik wisatawan yang kebanyakan adalah anak muda.

Ada beberapa spot yang unik, seperti patung elang, taman bunga, rumah pohon, rumah spongebob, bintang, dan beberapa lainnya. Wisatawan bisa menikmati juga suasana alami yang ada di sana. Anda juga bisa membawa hammock untuk digantung di pohon dan bisa dimanfaatkan untuk duduk-duduk dan bersantai.

Menariknya lagi, tidak ada tiket masuk untuk menikmati wisata di sana. Karena Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan. Tempat ini juga memiliki salah satu spot menikmati sunrise yang indah di Yogyakarta.

  1. Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit (3)

Tempat wisata hutan di Jogja lainnya yang unik untuk dikunjungi adalah Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit. Tempat ini adalah sebuah tempat wisata alam yang memiliki beberapa fasilitas wisata untuk foto-foto.

Salah satu spot foto yang terkenal di sana adalah Rumah Hobbit. Selain tempat foto, ada juga fasilitas wisata lainnya yang bisa Anda coba yaitu flying fox. Harga flying fox juga cukup murah, yaitu sekitar Rp 15.000 saja.

Lokasi wisata alam ini ada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Cukup dekat juga dengan Hutan Pinus Asri karena masih berada di satu kawasan yang sama.

  1. Hutan Pinus Nglinggo

offroad nglinggo 1 (2)

Di Kulon Progo juga terdapat sebuah wisata hutan yang terkenal, yaitu Hutan Pinus Nglinggo. Tempat wisata yang satu ini berada di Desa Wisata Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh.

Selain indah dengan hamparan pepohonan pinus yang khas, hutan pinus yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri, yaitu dari aktivitas wisatanya yang menarik. Di sana Anda bisa menjelajah kebun teh, karena dekat juga dengan perkebunan teh. Selain itu bisa juga latihan tari tradisional di desa wisatanya.

Hal menarik lainnya yang cocok untuk para wisatawan yang suka petualangan adalah menyewa jeep untuk menikmati sensasi offroad di sekitar hutan pinus tersebut. Tentu pengalaman ini akan sangat menarik. Harga sewa jeep adalah sekitar Rp 600.000 per 3 orang.

  1. Hutan Pinus Pengger

Pinus-Penger-3

Wisata hutan di Jogja juga bisa dinikmati di Hutan Pinus Pengger. Hutan pinus yang satu ini menarik karena memiliki hamparan pinus yang tinggi. Hal menarik lainnya adalah adanya banyak spot foto yang menarik untuk anak-anak muda.

Tempat ini terkenal dengan spot foto tangan raksasa, sarang burung, dan rumah pohonnya. Namun sebenarnya masih ada spot foto lainnya yang menarik di sana. Lokasi Hutan Pinus Pengger adalah di Jalan Dlingo-Patk, Sendangsari, Desa Terong, Bantul.

Lokasi wisata ini bukan hanya bisa dikunjungi saat siang hari saja, namun juga akan sangat menarik jika dikunjungi pada malam hari. Hal ini dikarenakan dari Spot Foto Malam Hari di Jogja ini juga akan terlihat pemandangan citylight yang indah dari ketinggian.

  1. Puncak Becici

puncak becici

Wisata Puncak Becici merupakan salah satu jenis wisata hutan yang menarik di Jogja. Tempat ini sebenarnya adalah sebuah puncak dari sebuah perbukitan. Namun areanya cukup luas, yaitu mencapai lebih dari 4 hektar.

Udara sejuk dan pemandangan yang indah akan didapatkan di wisata hutan di Jogja yang satu ini. Apalagi jika Anda berkunjung saat sore hari ketika matahari terbenam. Pemandangan yang cantik akan didapatkan.

Hal menarik lainnya dari Puncak Becici ini adalah wisatawan bisa menikmati Candi Prambanan dan Pantai Selatan Yogyakarta. Tentu hal ini akan memberikan pemandangan indah yang cukup unik.

Beberapa spot foto juga turut hadir menciptakan daya tarik wisatawan. Beberapa spot foto tersebut antara lain gardu pandang, rumah jamur, rumah marsupilami, dan ada juga Taman Cinta. Wisatawan juga bisa menyewa hammock untuk bersantai di Tempat Berburu Sunset di Jogja yang satu ini.

  1. Hutan Pinus Mangunan

pinus mangunan

Hutan Pinus Mangunan adalah sebuah wisata hutan yang menarik di Yogyakarta. tempat yang satu ini masih berada di dekat area Hutan Pinus Asri. Yaitu sama-sama berada di Kecamatan Dlingo, Bantul.

Hutan pinus ini lebih dikenal secara luas sebagai Hutan Pinus Imogiri. Anda yang pernah ke Yogyakarta mungkin sudah tidak asing dengan nama dari Hutan Pinus Imogiri ini. Hutan pinus ini menarik karena pepohonan pinusnya yang lebat dan menjulang tinggi.

Selain itu hutan pinus ini memiliki sebuah area amfiteater sederhana yang dibuat dari kayu. Bangku-bangku kayu tersebut membentuk setengah lingkaran dan bagian tengahnya bisa dimanfaatkan untuk panggung yang sederhana.

  1. Taman Hutan Raya (Tahura)

taman hutan raya

Tahura atau Taman Hutan Raya merupakan salah satu spot wisata yang bisa dijadikan alternatif wisata hutan di Jogja. Tahura adalah sebuah lokasi wisata di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta, tepatnya di kawasan konservasi Hutan Bunder.

Tahura sering dijadikan lokasi untuk camping pelajar dan mahasiswa. Hal ini dikarenakan lokasinya yang cukup strategis untuk dikunjungi wisatawan. Luas kawasan Tahura ini sangatlah luas.

Selain dijadikan lokasi camping, cukup banyak juga penelitian yang dilakukan di hutan ini, yaitu yang berkaitan dengan konservasi. Hal ini dikarenakan Tahura memiliki keragaman fauna dan flora yang memang cocok untuk bahan penelitian, baik dari dalam Jogja maupun dari luar Jogja.

Hal menarik lainnya dari Tahura adalah adanya aliran Sungai Oya yang secara alami mengalir di sepanjang hutan. Sungai ini akan memberikan sumber air dan kesejukan. Selain itu Anda akan mendapati tumbuhan kayu putih sehingga aromanya akan sangat nyaman.

  1. Hutan Pinus Kalilo

hutan pinus kalilo

Hutan pinus yang satu ini berada di Tlogoguwo, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Namun wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta cukup banyak yang berkunjung ke sana. Hal ini dikarenakan lokasinya berbatasan dengan Kulon Progo.

Tempat ini menawarkan panorama hutan alami yang rindang. Selain itu, spot foto pun banyak tersedia di Hutan Pinus Kalilo ini. Jika Anda kebetulan sedang berada di Kulon Progo, tidak ada salahnya menuju objek wisata ini.

Karena masih termasuk baru, belum ada tiket masuk khusus untuk menuju ke sana. Cocok untuk Anda yang ingin wisata murah selama di Jogja. Untuk menuju ke sana, Anda hanya perlu membayar harga parkir kendaraan saja.

2019-07-27T07:37:52+00:00