10 Makanan Khas Jogja Murah Meriah

10 Makanan Khas Jogja Murah Meriah

Makanan Khas Jogja Murah – Sebagai salah satu destinasi wisata yang mendunia, yogyakarta mempunyai segudang potensi wisata yang menunggu untuk di ekspose. Salah satunya potensi wisata kuliner yang beragam. Bagi anda yang penasaran dengan ragam makanan khas jogja, berikut kami berikan ulasan lengkap kuliner jogja :

Gudeg

Gudeg-Jogja

Makanan khas yogyakarta yang terkenal ini tentunya sudah akrab di telinga anda. Hampir setiap pengunjung yang datang ke jogja pasti akan mendatangi rumah makan yang menjual gudeg. Sentra wisata kuliner gudeg di jogja yang paling terkenal berada di sekitaran dekat kampus UGM dan juga sekitar plengkung kraton dekat alun-alun kidul. Gudeg jogja ada tiga jenis, yaitu basah, manggar, dan kering. Bagi anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh oleh, disarankan untuk membeli gudeg kering saja agar tahan lama.

Krecek

Krecek_Jogja

Makanan khas jogja selain gudeg adalah sambal krecek yang banyak disukai orang. Sambal krecek biasanya disajikan bersama dengan gudeg manis sehingga dapat menambah selera makan anda. Rasa sambal krecek sendiri dominan pedas dan gurih.

Bakpia Pathuk

bakpia_pathuk

Bila anda berada di jogja, jangan bingung untuk membeli oleh oleh makanan khas jogja. Sebut saja bakpia pathuk, maka anda akan dibawa ke sekitar jalan mataram dekat malioboro yang merupakan sentra penjualan bakpia pathuk. Anda dapat memilih bakpia pathuk beraneka merk dan rasa di jalan ini. Tekstur kue yang berasal dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit tepung kemudian dipanggang ini sungguh sangat memanjakan lidah. Bakpia pathuk, krispi diluar namun lembut di dalam.

Cenil

cenil_jogja
Jika anda mencari makanan ringan khas jogja, maka jawabannya adalah cenil. Meskipun di seantero pulau jawa cenil ini sudah terkenal dan bahkan di setiap daerah mempunyai kekhasan cenil masing-masing, namun tidak ada salahnya anda mencoba cenil khas jogja ini.

Bakmi Jogja

Bakmi_jogja

Makanan khas daerah jogja yang juga patut anda coba adalah bakmi jogja. Bakmi jawa jogjakarta merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas jawa. Jika anda memesan bakmi jawa jogjakarta, anda bisa juga memesan bakmi nyemek yaitu bakmi yang diberi kuah sedikit sehingga tekstur kuahnya menjadi kental dan nikmat. Salah satu penjual bakmi jawa jogjakarta yang legendaris adalah bakmi pak pele yang terletak di dekat alun-alun kidul.

Gatot Gunungkidul

gatot_khas
Makanan khas jogja selain bakpia dan gudeg yang berasal dari gunung kidul adalah gatot. Gatot terbuat dari gaplek atau sejenis singkong yang dikupas lalu dikeringkan dengan dijemur. Kualitas gatot ditentukan dari bahan dasar gapleknya yang istimewa pula.

Nasi Tiwul

nasitiwul_jogja

Sebagaimana gatot, nasi tiwul ini juga terkenal di kalangan wisatawan dan pengunjung kota jogja. Nasi tiwul ini berasal dari gunung kidul dan sempat menjadi makanan pokok masyarakat gunung kidul. Meskipun nasi tiwul sempat menjadi icon kemiskinan di daerah gunungkidul, namun sekarang makanan ini malah menjadi primadona oleh-oleh khas jogja yang melegenda.

Sayur Lombok Ijo

sayurlombokijo_jogja

Nah, sayur lombok ijo adalah makanan khas kota jogja yang biasa dijadikan pendamping sego abang (nasi merah). Citarasa pedas dan gurih dari sayur ini ditambah dengan kuah santan kental serta racikan bumbu khas jawa membuat sayur lombok ijo ini banyak dicari oleh penikmat kuliner khas jogja. Tidak lupa jika anda memakan sayur lombok ijo, tambahkan tempe kedelai sebagai pelengkap. Dijamin, lidah anda akan terus bergoyang.

Sate Klatak

sate_klatak_jogja

Sate klatak masuk ke dalam daftar makanan khas jogja yang enak. Jika anda sedang berkunjung ke daerah Jejeran, Pleret, Bantul, maka anda wajib mencoba sate klathak ini. Keunikan dari sate klathak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk memakai jeruji, berbeda dari sate pada umumnya. Bumbu yang dipakai pun sedikit berbeda ditambah dengan siraman kuah gulai yang menggugah selera akan menambah selera makan anda.

Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah_tempe_mbah_carik_jogja

Berkunjung ke daerah utara jogja, maka anda harus mencoba makanan khas yogyakarta ini, jadah tempe mbah carik. Jadah merupakan makanan khas kabupaten sleman. Jadah terbuat dari ketan yang dicampur dengan kelapa dan memilik cita rasa gurih. Jadah biasanya disajikan bersama dengan tempe bacem manis. Anda dapat mendapatkan seporsi jadah tempe di warung jadah tempe mbah carik yang terletak di daerah hargobinangun, pakem.

Mie Lethek

Mie_Lethek_Jogja

Mirip dengan bakmi jawa, bakmi ini berbahan dasar bihun yang warnanya agak kecoklatan sehingga terlihat kotor. Itulah mengapa dinamakan mie lethek yang artinya mie kotor. Warna kecoklatan ini berasal dari tepung ketela, sehingga mie lethek ini diklaim lebih sehat daripada jenis bakmi lainnya.

Ayam Geprek

ayam_geprek

Makanan yang satu ini sudah mulai merambah daerah luar jogja karena memang menjadi andalan, khususnya para mahasiswa jogja. Ayam geprek adalah ayam goreng yang digeprek dengan pesanan cabai sesuai selera. Satu porsi ayam geprek dihargai tidak lebih dari 12 ribu saja. Cukup murah dan bikin kenyang, bukan?

2020-02-04T09:44:07+00:00
Chat via Whatsapp